Tips Memilih Ikat Pinggang Pria Untuk Berbagai Acara

  Ikat pinggang, sabuk atau gesper adalah semacam pita fleksibel yang terbuat dari kulit atau bahan lentur lainnya dan dikenakan di sekitar pinggang. Umumnya ikat pinggang berfungsi sebagai pengikat celana agar tidak longgar dan sebagai pelengkap penampilan pada khususnya. Tak jarang pria menganggap ikat pinggang sebagai aksesoris sepele yang tak perlu perhatian khusus. Namun, sebagai pelengkap penampilan tak ada salahnya anda memperhatikan ikat pinggang seperti apa yang cocok sesuai aktivitas anda.

Jika anda masih bingung menentukan ikat pinggang yang cocok untuk acara formal seperti rapat, bekerja ataupun pesta dan acara non formal seperti bersantai dan berlibur. Tak ada salahnya menyimak informasi di bawah ini mengenai tips memilih ikat pinggang pria untuk berbagai acara.

Tips Memilih Ikat Pinggang Pria Untuk Berbagai Acara

Untuk menunjang penampilan anda di setiap acara, berikut ini tips memilih ikat pinggang pria untuk berbagai acara baik formal maupun nonformal :

By pexels.com
  1. Menyesuaikan Warna Ikat Pinggang

Pemilihan warna ikat pinggang yang sesuai bisa anda padukan dengan warna sepatu anda. Hal ini dilakukan agar fashion anda tidak terlihat aneh dan tampak serasi. Misalkan saja anda memakai sepatu berwarna hitam, pilihan warna ikat pinggang hitam atau gelap bisa menjadi pilihan yang cocok.

  1. Ukuran Panjang Ikat Pinggang Di atas Ukuran Celana

Agar ukuran lebih cocok dengan celana yang anda kenakan, maka pilihlah ukuran ikat pinggang satu tingkat di atas ukuran celana. Hal ini bertujuan agar setelah dikencangkan sisa tali ikat pinggang tidak akan terlalu panjang. Tips ini bisa anda gunakan saat acara formal maupun nonformal.

  1. Memilih Pola Ikat Pinggang Yang Tepat

Tips memilih ikat pinggang pria untuk berbagai acara berikutnya yaitu memilih pola ikat pinggang. Pola ikat pinggang pria bermacam-macam. Bisa jadi Ikat pinggang berpola binatang langka seperti kulit ular akan lebih cocok dikenakan saat acara formal. Pola ikat pinggang yang sederhana juga cocok dikenakan dengan pakaian casual saat bersantai.

  1. Memilih Bahan Ikat Pinggang

Ikat pinggang pria terbuat dari bahan yang bervariatif, salah satu yang mudah ditemukan yaitu ikat pinggang kulit. Biasanya ikat pinggang kulit digunakan untuk pelengkap penampilan di acara formal. Mungkin bahan kulit yang sering digunakan yaitu kulit sapi. Dalam menentukan kualitas ikat pinggang, anda bisa mengecek keasliannya dengan menekan tali ikat pinggang menggunakan kuku atau benda tajam. Jika permukaannya masih kenyal dan lembut, ini menandakan ikat pinggang asli terbuat dari kulit sapi.

  1. Memperhatikan Pinggiran Ikat Pinggang

By pexels.com

Bagi anda yang teliti, pernah memperhatikan pinggiran ikat pinggang? Ternyata ada pinggiran tali ikat pinggang yang dijahit dan ada yang tidak. Hal ini ada sebabnya, ikat pinggang yang memiliki pinggir dijahit dikenakan untuk acara formal sedangkan yang tidak ada jahitannya dikenakan untuk acara kasual. Hal ini bukanlah sebuah acuan, anda masih bisa tetap menggunakan ikat pinggang sesuai kebutuhan aktivitas dan selera anda.

  1. Bentuk Ikat Pinggang

Perlu diperhatikan bagaimana bentuk ikat pinggang yang akan dikenakan. Disarankan untuk acara formal anda bisa memilih ikat pinggang yang bentuknya kecil dan datar. Dipadukan dengan pemilihan warna ikat pinggang seperti perak atau keemasan dengan tekstur berbahan kulit.

Demikian informasi mengenai tips memilih ikat pinggang pria untuk berbagai acara, baik formal maupun nonformal. Semoga informasi di atas dapat memberikan inspirasi berpakaian anda terutama dalam memilih ikat pinggang. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *